Musafir VS Ramadhan

Rasulullah membolehkan puasa pada waktu safar

 

Bahwasannya Hamzah bin Amr al Aslami, ia bertanya kepada Nabi: Apakah aku boleh berpuasa pada waktu safar? Beliau bersabda “Jika kau mau berpuasalah, jika kau mau berbukalah”.

 

Adapun Rasulullah sendiri pernah berpuasa setengah hari dalam safar.

 

Dari Ibnu Abbas bahwasannya Rasul keluar ke Mekkah pada bulan Ramadhan. Beliau berpuasa hingga beliau sampai di “Kadid”. Beliau lalu berbuka dan orang banyak pun berbuka.

Tetapi Rosul, juga pernah berpuasa seharian penuh

 

Dari Abi Darda berkata kami keluar bersama Nabi pada sebagian safar beliau pada hari yang panas …. pada hari itu tidak ada yang berpuasa selain Nabi dan Ibnu Rawahah.

 

Dari Ibnu Abi Aufa berkata dahulu kami bersama Rasulullah pada suatu safar lalu beliau berkata kepada seorang dan turunlah dan bikinlah makanan atau minuman untukku … lalu dia turun dan membikin makanan atau minuman lalu beliaupun minum.

So,  berbuka dalam safar itu hanya rukhsoh (Dispensasi)

 

Berbuka dalam safar itu rukhshoh dari Allah, barang siapa melakukannya maka itu hal yang bagus. Barang siapa yang lebih suka berpuasa maka tidak dosa atasnya. Bagaimana kalau nekat ingin puasa, padahal tidak kuat: Rasulullah pernah mendapati seseorang yang pingsan, karena berpuasa dalam safar. Beliau pun bersabda:

 

Tidak termasuk kebaikan: berpuasa dalam safar

Maksudnya orang yang nekat berpuasa di waktu safar padahal tidak kuat itu tidak mendapatkan kebaikan/pahala. Bahkan sebagian ulama memakruhkannya.

 

Bahkan, disebutkan dalam hadits lain bahwa perbuatan nekat tersebut terhitung maksiat.

 

Dari Jabir bahwasanya Rasul keluar pada tahun  pembebasan kota Mekah pada bulan Ramadhan. Beliau berpuasa hingga beliau sampai di Kura’il Ghomim dan orang banyakpun juga berpuasa (lalu beliau diberitahu bahwa orang banyak lemah/kecapekan karena berpuasa dan mereka hanya melihat dan mencontoh anda kemudian beliau meminta semangkuk air pada waktu sesudah Ashar) beliaupun mengangkatnya tinggi-tinggi biar dilihat dan dicontoh orang banyak, lalu beliau minum. Setelah itu, beliau diberitahu ada beberapa orang yang masih berpuasa, beliaupun bersabda: mereka adalah orang-orang yang bermaksiat (2x). Berkebalikan dengan orang yang nekat, apabila orang mau berbuka dalam safar sehingga dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya yang lain, maka ia mendapatkan pahala.

 

Dari Anas berkata : Adalah Rasulullah Sas berada pada suatu safar, sebagian sahabat yang ikut ada yang berpuasa dan ada pula yang tidak, maka orang yang tidak berpuasa giat bekerja dan melayani. Sedang orang yang berpuasa tidak kuat melakukan sebagian pekerjaan mereka. Anas bekata : Pada saat itulah beliau bersabda : “Orang yang tidak berpuasa pada hari ini telah unggul dalam pahala”

 

Bahkan Rasulullah menyuruh orang yang berpuasa agar berbuka dalam peperangan karena kekuatan mereka sedang diperlukan untuk membela Dienullah.

 

Dari Abu Said berkata, Kami bepergian bersama Rasulullah Sas ke Mekkah sedang kami dalam keadaan puasa. Abu Said berkata: lalu kami singgah di suatu tempat, Rasulullah bersabda: “Kalian sungguh telah mendekati musuh kalian dan dengan berbuka kalian menjadi lebih kuat”. Perintah itu merupakan rukhshah sehingga ada sebagian yang masih berpuasa dan sebagian lagi berbuka. Kemudian kami singgah di tempat lain, beliaupun bersabda, “Sungguh kalian akan menghadapi musuh kalian besok pagi. Dengan berbuka kalian menjadi lebih kuat maka berbukalah”. Perintah tersebut merupakan ketetapan maka kami pun berbuka.

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, puasa dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s