Bentuk Kemukjizatan Al-Quran bag 2

  1. Mukjizat Al-Quran itu berupa berita peristiwa-peristiwa yang gaib, baik yang sudah maupun yang belum terjadi, yang tentu beliau tidak mengetahuinya kecuali melalui wahyu.  Juga berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi sejak awal penciptaan yang tidak mungkin diketahui oleh seorang yang buta huruf yang tidak pernah berhubungan dengan ahli kitab.

Pendapat ini juga tertolak karena: dengan demikian, ayat-ayat yang bukan berupa berita tentang peristiwa-peristiwa gaib yang sudah dan akan terjadi itu tidak memiliki daya mukjizat. Tentu saja pendapat ini salah karena Allah telah menjadikan suatu surat itu seluruhnya merupakan mukjizat.

  1. Mukjizat Al-Quran itu berupa ilmu-ilmu yang bermacam-macam dan hikmah-hikmah yang mendalam yang terkandung dalamnya.

Masih ada beberapa segi kemukjizatan Al-Quran ini yang disebutkan oleh ulama. Kesemuanya bermuara kepada lima segi di atas. Ada ulama yang mengelompokkannya dalam sepuluh segi atau lebih.

Adapun Manna’ Al-Qaththan sendiri mengatakan bahwa Al-Quran itu merupakan mukjizat ditinjau dari segala aspeknya:

Al-Quran ini merupakan mukjizat dari segi lafadh dan gaya bahasanya. Setiap hurufnya merupakan mukjizat yang tidak dapat digantikan dalam kaitannya dengan tiap katanya. Begitu pula setiap katanya merupakan mukjizat dalam kaitannya dengan tiap kalimatnya. Setiap kalimatnya merupakan mukjizat dalam kaitannya dengan setiap ayatnya.

Al-Quran ini merupakan mukjizat dalam keterangan dan syairnya. Orang yang membacanya akan mendapati gambaran yang hidup tentang kehidupan, alam, dan manusia.

Al-Quran ini juga merupakan mukjizat dalam makna-maknanya yang menyingkap tirai-tirai yang menutupi hakikat kemanusiaan dan risalah menjadi nyata.

Al-Quran juga merupakan mukjizat dalam ilmu-ilmu dan pengetahuan-pengetahuan yang seringkali menguatkan ilmu modern dari hakikatnya yang tersembunyi.

Al-Quran juga merupakan mukjizat dalam syariatnya dan penjagaannya terhadap hak-hak manusia, dan pembentukan suatu masyarakat teladan yang dunia itu akan selamat di tangan mereka. Al-Quran ini telah menjadikan bangsa Arab, bangsa pengggembala unta dan kambing, menjadi pilar bangsa-bangsa dan pemimpin umat-umat. Ini merupakan mukjizat itu sendiri.

Tak dapat dipungkiri lagi, termuatnya seluruh poin di atas dan bahkan terangkai dan tercakup dengan baik itu merupakan suatu yang mustahil bagi kekuatan manusia, tidak akan tercapai oleh kemampuan mereka. Mereka tidak dapat menggapainya tidak mendatangkan tandingan yang semisal dengannya.

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, Tafsir dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s