Memulai Puasa Ramadlan

Seringkali kita dapati perbedaan di tengah-tengah kaum muslimin dalam hal penentuan hari pertama pelaksanaan puasa. Mereka memulai puasa pada hari yang berbeda-beda. Bagaimanakah tuntunan yang Rasulullah berikan kepada umatnya tentang bagaimana kita memulai puasa Ramadhan.

è  Melihat hilal (bulan sabit)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ – رضى الله عنهما – قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الشَّهْرُ تِسْعٌ وَعِشْرُونَ فَإِذَا رَأَيْتُمُ الْهِلاَلَ فَصُومُوا وَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَأَفْطِرُوا

Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Bersabda: “Bulan dalam penanggalan hijriah (yang dihitung mulai dari hari hijrah Nabi Sas atau qamariyah (yang dihitung berdasarkan peredaran bulan itu usianya 29 hari. Oleh karena itu, apabila kalian melihat hilal maka berpuasalah dan apabila kalian melihatnya (pada kali berikutnya) maka berbukalah (berhari raya Fitri).

Apabila kita akan berpuasa Ramadhan, kita hendaklah melihat hilal di tempat-tempat yang memungkinkan terutama di pantai-pantai. Itu dilakukan pada senja hari ke 29 pada bulan Sya’ban. Apabila kita dapat melihatnya dengan mata kepala tanpa alat bantu, kita diperintah untuk memulai berpuasa besok paginya. Perbuatan ini cukup dilakukan oleh sekelompok orang saja sebagai  perwakilan. Apabila salah seorang mereka  sudah melihatnya itu sudah cukup.

Cukup Satu Orang

وعن ابن عمر قال: ” تراءى الناس الهلال فأخبرت النبى صلى الله عليه وسلم أنى رأيته فصام وأمر الناس بصيامه ” رواه أبو داود و صححه الحاكم و ابن حبان والألباتي

Ibnu Umar berkata,  Orang banyak sama melihat hilal, lalu aku memberitahu Nabi Sas bahwa aku telah melihatnya, lalu beliaupun berpuasa dan menyuruh  orang banyak untuk berpuasa.

Hadits di atas menunjukkan bahwa Rasul menyuruh orang banyak untuk berpuasa ketika salahs aorang mereka yaitu Ibnu Umar mengatakan telah melihat hilal.

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, puasa dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s