Keutamaan Bulan Ramadlan

Maha suci Allah, Dialah yang mencipta kita. Dialah dzat yang membuat peraturan-peraturan untuk kita jalankan agar kita dapat masuk surga. Dia pulalah yang memudahkan jalan kita untuk menjalankan aturan tersebut. Sebagaimana telah lewat, kita tahu bahwa Allah memerintahkan kita untuk berpuasa dan mendekatkan diri pada bulan Ramadhan, maka segala puji bagi Allah yang menjadikan bulan Ramadhan ini begitu kondusif untuk beribadah. Pengin tahu apa saja yang Allah lakukan untuk itu?

  • Allah bukakan pintu-pintu surga

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ.

Dari Abu Hurairah bahwasannya Rasul bersabda : Tatkala bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu surga itu dibuka.

  • Allah bukakan pintu-pintu langit, pintu-pintu rahmat
  • Allah tutup pintu-pintu jahanam
  • Allah belenggu setan dan bangsa jin.

أَبَا هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، يَقُولُ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ – وَ فِي رِوَايَةِ مسلم : أَبْوَابُ الرَّحْمَةِ – وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِين.

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda : “Tatkala bulan Ramadhan masuk/tiba dibukalah pintu-pintu langit-pintu-pintu rahmat dan ditutuplah pintu-pintu jahanam dan dibelenggulah setan-setan.

Dengan dibukanya pintu-pintu surga, pintu pintu langit dan pintu-pintu rahmat itu, Allah memudahkan manusia untuk beramal sholih, amal-amal sholih yang dilakukan pada bulan tersebut yaitu amal sholih yantg dilakukan oleh orang-orang yang puasa itu lebih cepat sampai kepada Allah karena jalan–jalan untuk ke sana yaitu pintu-pintu langit dibuka lebar-lebar. Allah bukakan pintu-pintu rahmat hingga rezekipun lebih mudah dicari karena banyak digelarnya buka bersama.

Sebaliknya, dengan ditutupnya pintu-pintu jahanam dan dibelenggunya setan-setan, di luar bulan ramadhan, orang yang melakukan dosa itu bisa jadi karena jiwanyalah yang jahat/dzalim bisa jadi karena tertipu oleh bujukan setan. Kalau ada orang yang masih melakukan maksiat di bulan ramadhan padahal ia tahu itu maksiat maka hanya ada satu kemungkinan yaitu memang jiwa orang tersebut yang dzalim.

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, puasa dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s