Ngapain sih kita harus puasa


  •   Puasa itu dapat melindungi dari api neraka

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : الصِّيَامُ جُنَّةٌ

Artinya: dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAS bersabda “ puasa itu merupakan perisai”

  •  Puasa itu mendekatkan kita kepada Alloh, karena:

Bau mulut orang berpuasa itu di hadapan Alloh menjadi lebih harum dari minyak kasturi.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : … وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ  فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAS bersabda “demi Dzat Yang Jiwaku ini ada dalam gengamanNya, sungguh bau mulut org yg puasa itu dihadapan Alloh menjadi lebih harum dari minyak kasturi”

  • Puasa itu pahalanya tidak terhingga, hanya Alloh yang tau, Coi

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : … الصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَ

Artinya: dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAS bersabda “(Alloh berfirman:) puasa itu (hanya) untuk Ku dan Aku akan membalasnya”

  •  Puasa itu merupakan ibadah yg Alloh khususkan untukNya (lihat hadits di atas)
  • Menghapus dosa

Sobat, kita pasti sering melaukan kesalahan kepada orang. Kepada orangtua, kakak, adik, tetangga & teman. Bagi yg berkeluarga juga kepada anak & istri, belum lagi kesalahan2 kita dalam hal mencari harta & membelangakannya, guest! Manusia itu memang tempatnya salah & lupa. Tapi, Alloh itu maha penyayang, sodara. Alloh memberikan kepada kita tips2 untuk melebur dosa2/kesalahan tsb. Diantaranya dengan puasa, Rasulullah sas bersabda:

فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَجَارِهِ تُكَفِّرُهَا الصَّلاَةُ وَالصِّيَامُ وَالصَّدَقَةُ

Artinya: fitnah seseorang terhadap keluarga, harta & tetangganya itu dihapus oleh sholat, puasa & sedekah

Maksud “fitnah” pada hadits di atas adalah perangai atau perilaku buruk, selain dihapus dengan puasa, kesalahan2/perangai buruk kita tsb juga dihapus oleh sholat dan sedekah.

So ayo rame2 puasa, reme2 sholat,rame2 sedekah, friend! Pahala nomplok, dosa pun pergi. Buruaaaaan!!!

Sobat2q! Puasa itu bukan hanya menghapus kesalahan di atas saja, tetapi juga dosa2 lain yg telah kita lakukan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : … وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ .

Artinya: barang siapa berpuasa di bulan ramadlan dengan penuh iman dan ihtisab (mengharap pahala) maka dia akan diampunkan dosa2nya yg telah lewat.

  • Menundukan nafsu seks

Sobat-sobat! Ketertarikan kita kpd lawan jenis itu memang merupakan fitrah kita sbg manusia. Yg cowok tertarik ma cewek. Yg cewek pun tertarik ma yg cowok. Nah! Kalau ada cowok yg tertarik sama cowok itu namany kena penyakit. Begitu pula kalau ada cewek yg tertarik sama cewek. Dari dulu, ilmu kedokteran mengakui begitu, Cuma orang zaman sekarang saja yg merasa menjadi “pahlawan” kalau bisa merubah tatanan itu. Yg tidak setuju dicap kolot, anti kebebasan. Padahal, alam semesta ini semuany berpasang-pasangan. Yg jantan pasti sukany sama yg betina nggak akan berubah. Bahkan barang2 yg sebenarny tidak bergender (tidak dibedakan jantan-betina). Itupun berpasangan dan dikasifikasikan sbg laki2 dan perempuan. Contohny matahari & bulan. Itu pasangan, friend. Matahari sering diartikan sbg kaum adam. Ia begitu dirindukan bunga2 di bumi. Apbl tertimpa sinar mentari bunga akan mekar. Mirip kaum hawa yg merindukan lelaki. Iya, nggak. Sebaliknya bulan ering diartikan sebgai kaum hawa. Ia begitu dinanti oleh penghuni bumi u menemani malam mereka yg sunyi, mirip kaum hawa yg merindukan wanita, betul? Nah itu fitrah manusia.

Tapi perlu diingat! Fitrah tetap harus dijaga & tidak diumbar, agar tidak terjadi kekacauan di dunia ini. Banyak laki2 & permpuan yg saling membunuh lantaran cemburu. Nggak boleh cemburu!!! Wah cinta itu tak berarti! Tidak bisa hidup kalau tidak ada cemburu. Betul!!! Banyak anak tak punya bapak yg mengurus, membimbing & mjd sandaran hidup lantaran banyak wanita hamil di luar nikah. Banyak pula, bayi yg dibunuh oleh ibunya sendiri baik dengan cara diaborsi atau malah dibuang. Itu semua karena syahwat bahasa arabny “ketertarikan pd lawan jenis” atau yg biasa kita kenal sbg nafsu sex tidak dikendalikan.

Islam sebagai agama fitrah dan keadilan memerintahkan kita untuk menyalurkan seks ini dengan cara yang benar yaitu dalam bingkai pernikahan, ikatan saling memahami, saling memberi dan saling bertanggung jawab agar tidak terjadi kekacauan dalam kehidupan kita. Apabila kita belum mampu menikah, kita disuruh berpuasa.

مَنِ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

“Dari Alqamah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mampu menikah hendaklah segera menikah karena pernikahan menjadikan mata lebih menunduk dan menjadikan kemaluan lebih terjaga. Barang siapa belum mampu hendaklah ia berpuasa karena puasa itu laksana pengebirian”

So, puasa itu mampu menundukkan nafsu seks, sebagimana pengebirian

  •  Gembira

Setelah seharian menahan lapar dan haus, apa yang kita rasakan saat adzan Maghrib dikumandangkan? Gembira? So, pasti!!. Langsung aja kita sikat hidangan buka puasa tersebut. Apalagi kalau kita buka puasa bersama. Bersama keluarga atau teman atau malah bersama-sama teman-teman baru. Betul kan? Itulah janji Allah. Barangsiapa mau berpuasa, Allah akan memberikan kegembiraan dan kebahagiaan kepadanya di saat berbuka puasa.

    قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : … لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ ، وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ.

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah Saw bersabda : “Ada dua kegembiraan yang didapatkan oleh orang yang berpuasa: Apabila ia berbuka ia pasti gembira dan apabila ia mati dalam keadaan puasa ia pasti gembira karena puasanya tersebut”.

Dari hadits di atas, didapatkan satu keutamaan lagi buat orang yang mau berpuasa, Friend! Yaitu apabila kita meninggal dalam keadaan berpuasa, kita pasti gembira karena kita akan berbuka di surga dan masih banyak lagi keutamaan yang Allah akan berikan kepada kita. So, puasa! Why not? Siapa takut?

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, puasa dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s