jangan jadi bangsa bebek

Wahai para penuntut ilmu, pencari surga, salah satu dari penyebab utama kemaksiatan dan kekufuran adalah meniru-niru apa yang telah dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Bisa jadi itu, kakak kelas, kakak kandung, senior, bapak, neneng moyang, atau bangsa-bangsa maju. Berapa banyak ayat yang menceritakan kepada kita tentang apa alasan kaum Nabi Nuh, kaum Ad, kaum Tsamud, dan kaum-kaum yang lain yang telah Allah binasakan dan ceritakan dalam Al-Quran. Mereka semua membela apa yang telah dilakukan oleh nenek moyang mereka, sehingga mereka Allah binasakan.

Tidak ada salahnya jika yang ditiru adalah kebaikan. Meskipun, itu juga belum benar. Masih salah setengah mungkin. Allah telah berkalam:

و لا تقف ما ليس لك به من العلم

Dan janganlah kamu mengambil sikap yang engkau tidak tahu kebenarannya. S. AL-Isro’

Begitu pula, kehidupan kalian di asrama. Kalian akan banyak menjumpai kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh kakak kelas kalian atau senior kalian, baik yang buruk maupun yang baik. Dan mungkin mereka akan mengajakmu untuk melakukannya. Entah dengan cara yang halus mungkin setengah memaksa atau malah benar-benar memaksa. Begitu pula, mereka akan mewariskan pemikiran-pemikiran dan ide-ide kepada kalian. Maka janganlah kamu meniru kelakuan mereka dan menerima ide-ide mereka itu kecuali kalian yakin itu adalah kebenaran. Ikutilah selalu ilmu, kata hati, dan bimbingan gurumu.

Janganlah kamu seperti bebek, yang jika bebek yang paling di depan masuk dan jatuh ke suatu kubangan maka yang lain akan ikuti juga.

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, nasihat dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s