Wasiat kepada para penuntut ilmu

Wahai para pemuda, sadarkah kalian bahwa sekarang kalian ini sedang meniti jalan surga.

Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkannya menuju jalan ke surga. H.R Muslim. Maka berbahagialah kamu.

Tahukah kamu bahwa bekal utama menuntut ilmu adalah takwa. Yeah, takwa adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Ingatlah perkataan Waki’:

Ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tiada menerangi orang yang bermaksiat. Oleh karena itu, jagalah dirimu dari kemaksiatan.

Begitu pula, amal shalih dapat mendekatkan dirimu kepada Allah dan jikalau Allah mencintaimu, ia akan memberimu banyak kebaikan. Masih ingatkah kamu akan sabda Nabi:

Barang siapa yang Allah inginkan kebaikan darinya, Ia akan Memahamkannya din/ia akan menjadikannya seorang yang fakih dalam bidang din.

Oleh karena itu, awalilah harimu ini dengan niat yang ikhlash dan demi meninggikan kalimah Allah. Sesungguhnya amalan seseorang itu bergantung kepada niatnya.

Jangan anda niatkan perjuanganmu ini demi kepentingan dunia. Sebab, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda:

من تعلم علما مما يبتغى به وجه الله عز و جل لا يتعلمه إلا ليصيب به عرضا من الدنيا لم يجد عرف الجنة يوم القيامة . رواه أبو داود بإسناد صحيح

Barang siapa mempelajari ilmu yang seharusnya dipelajari demi mencari keridlaan Allah namun ia mempelajarinya hanya demi mendapatkan harta dunia, ia tidak akan mendapatkan bau surga pada hari kiamat. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang shahih.

Oleh karena itu, jagalah selalu niatmu dan bertakwalah kamu kepadaNya. Jika kamu bertakwa, maka kamu pasti akan selalu mendapatkan jalan keluar yang terbaik untuk seluruh permasalahan yang akan kalian dapati.

و من ينق الله يجعل له مخرجا

Barang siapa bertaqwa kepada Allah, Dia akan menjadikan untukNya jalan keluar. S. Ath-Thalaq: 1

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, nasihat dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s