Sepakbola

Belakangan, ini terjadi bentrokan di antara massa supporter dua klub di Mesir. Korban tewas mencapai 70 orang. Mereka saling menyerang dengan senjata tajam. Apakah yang terjadi di Mesir, negeri Al-Azhar tersebut.

Sepak bola adalah olah raga yang paling populer di dunia di masa sekarang. Laki-laki perempuan, tua muda, besar kecil, muslim, yahudi, kristen, katholik, bahkan budha dan hindu sudah tidak asing lagi dengan olah raga satu ini.

Namun, olah raga ini telah menjadi sebuah berhala dan thaghut modern. Di Eropa, gereja-gereja semakin berkurang peminatnya. Para pengunjung lebih memilih melihat sepak bola daripada datang ke gereja. Begitu pula di kalangan muslimin ini, orang rela begadang semalaman demi melihat tim atau pemain kesayangannya beraksi namun giliran datang waktu Shubuh ia malah masih melotot di depan layar kaca kalau tidak malah tidur. Demi melihat dan mendukung tim atau pemain kesayangannya mereka rela mati terinjak-injak. Demi kefanatikan pula, mereka dengan ringannya saling membunuh, persis seperti berhala partai politik.

Lalu di manakah para ulama ini? Kenapa mereka tiada memperingatkan umat mereka. Olah raga hukumnya adalah mubah. Melihat sepak bola apa coba hukumnya? Tidakkah kita ingat nasihat para pendahulu kita bahwa banyak-banyak berkecimpung dalam hal-hal yang mubah sering membawa keteledoran dari yang wajib bahkan menjerumuskan pada yang haram. Bukankah ada telah melihat bukti-buktinya? So, apakah anda seorang bolamania?

Tentang dulhayyi

Pengajar Tata Buku dan Akuntansi (2013-2014) Pengajar Kajian Hadits di Islamic Center Sragen (2014) contact 08172838421
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Din, nasihat dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s